maf left top
logo maf
  Jumat, 10 Juli 2020
 
Home   |    Career   |    Contact Us  
maf motorcycle
Indonesia    maf home maf about maf news maf services maf products maf career maf branch
maf right top
maf
mcf online service top
 mcf Live Chat
  HALLO MAF :  
Gedung Wisma 76 lantai 12 & 23
Jl. Let. Jend. S. Parman Kav. 76,
Slipi Jakarta 11410, Jakarta, Indonesia
maf latest news
  Kamis, 02 April 2020
Pengumuman Restrukturisasi
Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah terkait relaksasi keringanan angsuran bagi yang terdampak Covid-19 / Corona, konsumen MAF dapat memilih beberapa opsi yang tersedia.
 
maf
  Selasa, 17 Oktober 2017
KONSULTASI FINANCIAL
Oleh : Wiwie Kurnia
 
maf
  Selasa, 17 Oktober 2017
Bersahabat dengan Layar
Menatap komputer terlalu lama mengakibatkan mata lelah. Lakukan langkah sederhana untuk meminimalisir efek negatifnya.
 
maf
maf news
 
 
Rabu, 07 Maret 2012
Tips : Wah Sudah Waktunya Ke Bengkel nih!!!

Motor boleh baru, tapi kadang kita tidak pernah memperhatikan bahwa sering kali motor kita sudah menyampaikan “pesan” kepada pengendaranya agar ia dimanjakan atawa diservice. Pemakaian setiap hari pasti akan menyebabkan pergeseran fungsi atau setelan berubah. Entah karena getaran atau karena mengalami keausan onderdil tertentu. Sehingga perlu disetel ulang/tune up untuk memulihkan kondisi tunggangan seperti semula. Biar enggak salah deteksi, berikut akan dibeberkan beberapa indikasi yang mesti diperhatikan. Yaitu indikasi kapan dan kondisi bagaimana besutan harus diservis atau tune up.

1. Sesuai standar pabrik

Kebanyakan dari pabrikan biasanya menetapkan bahwa penggunaan motor setiap 2000 Km sebaiknya dibawakan ke bengkel untuk service dan sekalian ganti oli.

2. Suara mesin kasar
Mesin kasar biasanya berasal dari setelan klep yang sudah kendur, rantai keteng yang mulai aus dan kendur, serta oli mesin yang sudah jelek/terlalu encer.

3. Motor tidak mau stasioner/langsam
Karburator yang kotor dan setelan yang berubah karena getaran dan guncangan atau pun listrik dari busi yang jelek biasanya menjadi penyebab masalah ini.


4. Mesin brebet saat putaran menengah dan putaran atas
Ini juga akibat karburator kotor dan busi jelek

5. Konsumsi BBM boros dan keluar asap hitam dari knalpot
Pernahkah anda memperhatikan pemakaian bensin dan asap knalpot yang keluar dari motor anda? Terkadang bensin yang dikonsumsi motor kita menjadi sangat boros daripada biasanya. Padahal jarak tempuh yang kita lalui sama daripada sebelumnya. Atau bahkan anda juga pernah melihat bahwa asap knalpot yang keluar dari motor anda berwarna hitam gelam tidak seperti biasanya. Itu terjadi lantaran filter udara kotor, mengakibatkan suplai udara ke ruang bakar tidak lancar. Akibatnya campuran udara dan bensin tidak tepat. Banyak bensin yang terbuang lewat knalpot dan berwarna hitam.

6. Tarikan berat
“Motor gue, gak ngacir nih” mungkin anda pernah denger kata-kata ini. Dikarenakan setelan klep yang mulai agak rapat akibat memuai, tarikan awal besutan akan menjadi lebih berat dan lambat.


7. Saat pagi susah hidup
Ini akibat karburator kotor, busi kotor dan setelan klep berubah.

8. Getaran mesin tinggi
Ini disebabkan setelan karburator tidak pas atau terlalu besar, setelan klep tidak pas dan baut mounting mulai kendur.

9. Oper gigi keras/susah
Lantaran setelan kopling tidak pas/berubah, pengoperan gigi terasa lebih keras.

Kesimpulan, anda harus paham dengan masalah masalah diatas yang dapat merugikan mobilitas anda. Jadi jangan menunda-nunda utk pergi “memanjakan” motor anda sebelum menjadi masalah yang lebih besar.

 

Sumber : http://motorplus.otomotifnet.com/

 

 
 
maf
maf maf
  Home   |    Career   |    Contact Us   © Copyright 2011 - maf.co.id