maf left top
logo maf
  Senin, 13 Juli 2020
 
Home   |    Career   |    Contact Us  
maf motorcycle
Indonesia    maf home maf about maf news maf services maf products maf career maf branch
maf right top
maf
mcf online service top
 mcf Live Chat
  HALLO MAF :  
Gedung Wisma 76 lantai 12 & 23
Jl. Let. Jend. S. Parman Kav. 76,
Slipi Jakarta 11410, Jakarta, Indonesia
maf latest news
  Kamis, 02 April 2020
Pengumuman Restrukturisasi
Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah terkait relaksasi keringanan angsuran bagi yang terdampak Covid-19 / Corona, konsumen MAF dapat memilih beberapa opsi yang tersedia.
 
maf
  Selasa, 17 Oktober 2017
KONSULTASI FINANCIAL
Oleh : Wiwie Kurnia
 
maf
  Selasa, 17 Oktober 2017
Bersahabat dengan Layar
Menatap komputer terlalu lama mengakibatkan mata lelah. Lakukan langkah sederhana untuk meminimalisir efek negatifnya.
 
maf
maf news
 
 
Selasa, 04 Agustus 2015
Konsultasi : Ilustrasi Kredit dengan Aturan Baru
 

PERTANYAAN :

Pak Wiwie Yth.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengizinkan multi finance untuk mendaftarkan kredit kendaraan dengan uang muka cukup sebesar 15% saja. Bisa tolong dibuatkan ilustrasi besaran uang mukanya? Saya masih bingung, karena terkadang ada uang angsuran dan asuransi yang dibayar dimuka dan lain-lain, bisa dijelaskan apa saja biaya lain yang timbul?

Denny Noor,

Jakarta

JAWABAN :

MEMANG benar OJK mengeluarkan aturan baru tentang uang muka untuk pembiayaan kendaraan bermotor oleh perusahaan pembiayaan. Soal hitungan, sama dengan tata cara penghitungan kredit yang selama ini kita kenal, jadi tidak ada perubahan dalam tata cara perhitungannya. Namun saya akan memberikan ilustrasi,agar bisa dibedakan antara uang muka kendaraan dan biaya lain yang timbul seperti biaya asuransi dan lain sebagainya.

Tata cara penghitungan besaran uang muka pembiayaan kendaraan bermotor dilakukan terhadap harga jual kendaraan setelah dikurangi potongan harga atau diskon dan potongan lainnya.

Contoh harga motor  Rp 10 juta dengan potongan harga atau diskon (bila ada) dan potongan lainnya yang diberikan Rp 500.000, maka harga jual kendaraan yang dikreditkan adalah Rp 9,5 juta.

Dus, uang muka pembiayaankendaraan bermotor yang harus dikenakan dan dibayar tunai sekaligus adalah 15% x Rp 9,5 juta = Rp 1,425 juta.

Perthitungan besaran uang muka pembiayaan kendaraan bermotor tidak termasuk angsuran  pertama, biaya survei, provinsi, asuransi, penjaminan, fidusia, notaris atau biaya lainnya.

Taruh kata, biaya asuransi, penjamin , atau biaya lainnya yang dibayarkan oleh debitur secara tunai sebesar Rp 1 juta. Maka, total biaya yang dibayar tunai oleh debitur termasuk uang muka adalah sebesar Rp 8,075 juta.

Contoh lain, bila biaya asuransi, penjaminan, atau biaya lainnya tersebut di atas tidak dibayar tunai tetapi masuk dalam angsuran kredit.

Biaya yang dibayar oleh debitur seandainya biaya asuransi,penjaminan, atau biaya lainnya  tidak dibayar tunai atau dibayar  secara angsuran, tinggal ditambahkan dengan harga pembelian kendaraan setelah dikurangi uang muka.

Jadi , total pembiayaan oleh perusahaan pembiayaan kepada debitur adalah biaya asuransi, penjaminan, atau biaya lainnya sebesar  yakni sebesar Rp 1 juta plus harga pembiayaan kendaraan bermotor  yakni  Rp 8,075 juta atau senilai total Rp 9,075 juta

Demikian penjelasan dari saya, semoga bisa membantu Anda dan pembaca lain dalam memahami faktor kredit dan biaya-biaya lain yang timbul dan bagaimana perhitungan kreditnya.

Sumber : Kontan

 

 

 
 
maf
maf maf
  Home   |    Career   |    Contact Us   © Copyright 2011 - maf.co.id