maf left top
logo maf
  Senin, 13 Juli 2020
 
Home   |    Career   |    Contact Us  
maf motorcycle
Indonesia    maf home maf about maf news maf services maf products maf career maf branch
maf right top
maf
mcf online service top
 mcf Live Chat
  HALLO MAF :  
Gedung Wisma 76 lantai 12 & 23
Jl. Let. Jend. S. Parman Kav. 76,
Slipi Jakarta 11410, Jakarta, Indonesia
maf latest news
  Kamis, 02 April 2020
Pengumuman Restrukturisasi
Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah terkait relaksasi keringanan angsuran bagi yang terdampak Covid-19 / Corona, konsumen MAF dapat memilih beberapa opsi yang tersedia.
 
maf
  Selasa, 17 Oktober 2017
KONSULTASI FINANCIAL
Oleh : Wiwie Kurnia
 
maf
  Selasa, 17 Oktober 2017
Bersahabat dengan Layar
Menatap komputer terlalu lama mengakibatkan mata lelah. Lakukan langkah sederhana untuk meminimalisir efek negatifnya.
 
maf
maf news
 
 
Jumat, 09 Oktober 2015
Konsultasi : Uang Muka Pembiayaan Syariah

PERTANYAAN :

Pak Wiwie Yth.

Perusahaan kami berencana mengganti beberapa kendaraan operasional roda dua yang kondisinya sudah tidak layak lagi. Berhubung dana awal yang dialokasikan tertarik untuk mencoba pembiayaan syariah. Yang kami dengar bisa melayani pembiayaan dengan uang muka atau down payment (DP) hanya 10% mohon penjelasan dari Pak Wiwie. Terima kasih.

Muhammad Taufik,

Tangerang

 

JAWABAN :

TERIMA kasih atas pertanyaanya. Memang benar, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan surat edaran berisi aturan baru mengenai down payment  pembiayaan kendaraan bermotor yang lebih rendah dibandingkan uang muka kredit kendaraan yang diberlakukan pada peraturan sebelumnya.

Pada Surat Edaran OJK No 20/2015 yang baru saja diberlakukan, terdapat tiga kategori uang muka kendaraan bermotor. Untuk kendaraa n bermotor beroda dua dan roda tiga, uang muka yang bisa diberikan perusahaan pembiayaan syariah kepada konsumen adalah 10%.

Untuk kendaraan beroda empat atau lebih, yang digunakan untuk produktif, uang muka paling rendah yang bisa diberikan 15%. Sementara , kendaraan bermotor beroda empat atau lebih, yang dipergunakan untuk tujuan non produktif, uang muka paling rendah 20%.

Penurunan uang muka untuk pembiayaan kendaraan bermotor, dimaksudkan agar dapat menggairahkan penjualan kendaraan di Indonesia. Sebelumnya, uang muka kredit kendaraan ditetapkan sebesar 30%. Tingginya uang muka ini membuat konsumen menahan pembelian kendaraan. Penjualan kendaraan merosot tajam.

Dengan uang muka paling rendah 10% yang diberlakukan untuk pembiayaan syariah, diharapkan penjualan kendaraan di Indonesia dapat di pulihkan, tentunya juga dengan tetap memperhatikan kualitas pembiayaan, karena tidak semua pembiayaan berhak melakukan penurunan uang muka di atas.

Perusahaan pembiayaan syariah dengan nilai rasio aset produktif bermasalah di atas 5%,uang muka  minimalnya wajib naik 5% dari peraturan  di atas. OJK tentu memiliki perhitungan tersendiri, sehingga pembiayaan kendaraan melalui pembiayaan syariah dapat diberikan lebih rendah dibandingkan dengan pembiayaan konvensional.

Dengan demikian, konsumen mendapat pilihan pembiayaan yang lebih beragam, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhannya. Pembiayaan syariah, yang tidak mengenal riba atau bunga , dan memberlakukan sistem bagi hasil, akan menjadi pilihan pembiayaan yang favorit bagi konsumennya.

Demikian penjelaskan saya mengenai uang muka pembiayaan syariah sesuai aturan bari dari OJK, semoga bermanfaat.

Sumber : Kontan

 

 
 
maf
maf maf
  Home   |    Career   |    Contact Us   © Copyright 2011 - maf.co.id