maf left top
logo maf
  Jumat, 10 Juli 2020
 
Home   |    Career   |    Contact Us  
maf motorcycle
Indonesia    maf home maf about maf news maf services maf products maf career maf branch
maf right top
maf
mcf online service top
 mcf Live Chat
  HALLO MAF :  
Gedung Wisma 76 lantai 12 & 23
Jl. Let. Jend. S. Parman Kav. 76,
Slipi Jakarta 11410, Jakarta, Indonesia
maf latest news
  Kamis, 02 April 2020
Pengumuman Restrukturisasi
Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah terkait relaksasi keringanan angsuran bagi yang terdampak Covid-19 / Corona, konsumen MAF dapat memilih beberapa opsi yang tersedia.
 
maf
  Selasa, 17 Oktober 2017
KONSULTASI FINANCIAL
Oleh : Wiwie Kurnia
 
maf
  Selasa, 17 Oktober 2017
Bersahabat dengan Layar
Menatap komputer terlalu lama mengakibatkan mata lelah. Lakukan langkah sederhana untuk meminimalisir efek negatifnya.
 
maf
maf news
 
 
Kamis, 03 Desember 2015
Konsultasi : Alternatif Pilihan Pembiayaan Kendaraan Bermotor

Pertanyaan:

Pak Wiwie, kami berencana menyiapkan kendaraan keperluan operasional perusahaan. Mengingat ada berbagai alternatif pembiayaan, mohon saran Bapak fasilitas pembiayaan apa yang paling tepat, pilihan yang ada saat ini antara pembelian dengan pembayaran secara angsuran atau sewa guna usaha pak, mohon pencerahannya pak, terima kasih.

 

 

Santoso

Jakarta Pusat

 

 

Jawaban:

 

Pak Santoso, OJK sebagai regulator dalam industri pembiayaan telah mengeluarkan peraturan terkait pembiayaan di Indonesia. Dalam peraturannya (disebut juga POJK), POJK memberikan beberapa pilihan pembiayaan, yang salah satunya ditentukan dari jenis objek pembiayaan. Apabila mengacu kepada pertanyaan Bapak tentang penyediaan kendaraan operasional Perusahaan, dengan 2 alternatif pilihan pembiayaan, yaitu:

a) pembelian dengan pembayaran secara angsuran;atau

b) sewa pembiayaan (finance lease)

 

Pertama-tama saya akan menjelaskan perbedaan antara pengertian keduanya. Pembelian dengan pembayaran secara angsuran adalah kegiatan pembiayaan dalam bentuk pengadaan barang dan/atau jasa yang dibeli oleh debitur dari penyedia barang atau jasa dengan pembayaran secara angsuran. Sementara untuk sewa pembiayaan (finance lease) adalah kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang oleh Perusahaan pembiayaan untuk digunakan konsumen selama waktu tertentu, yang mengalihkan secara substansial manfaat dan risiko atas barang yang dibiayai. Selama masa perjanjian berlaku, barang yang dibiayai merupakan milik Perusahaan Pembiayaan.

 

Dengan demikian, untuk menjawab pertanyaan Bapak maka perlu dipertimbangkan adalah kepemilikan akhir dari kendaraan tersebut. Jika ingin hak milik kendaraan ada pada konsumen, maka pilihlah fasilitas pembelian dengan pembayaran secara angsuran. Apabila tidak berniat memiliki kendaraan tersebut namun hanya membutuhkan manfaatnya, maka pilihan sewa pembiayaan (finance lease) adalah pilihan yang tepat.

 

 

Ketentuan tentang uang muka (down payment) berlaku untuk fasilitas pembelian dengan pembayaran secara angsuran, dimana OJK melalui Surat Edaran No 19 Tahun 2015 mengatur bahwa besaran DP tergantung pada tingkat kesehatan perusahaan pembiayaan dengan batas minimalnya adalah 15% dari harga jual kendaraan.

 

Berikut sekilas ilustrasinya. Semisal Anda ingin membeli kendaraan dengan fasilitas pembelian dengan pembayaran secara angsuran sebesar Rp 400 juta dengan tenor tiga tahun dan uang muka (DP) 30%. Perkiraan bunganya adalah 4,5%-5%. Maka pembayaran pertama yang harus dilakukan adalah sekitar Rp 150.000.000,- Perhitungan tersebut diperoleh dari DP 30% plus angsuran 1 sekitar Rp 9.000.000,- plus biaya admin dan asuransi all risk sekitar Rp 20juta. Setelah itu Anda tinggal mengangsur Rp Rp 9.000.000,- setiap bulannya selama 35 kali.

 

Di sisi lain apabila memilih finance lease maka nominal angsuran yang harus dibayar per bulan menjadi sekitar Rp 13 juta per bulan. Konsumen wajib membayar sekitar Rp 120 juta di akhir masa sewa bila diawal disepakati untuk pelunasan 30%. Nominal ini bisa berbeda dan disesuaikan dengan perjanjian di awal masa sewa, terkait keinginannya untuk memiliki barang tersebut di akhir masa sewa.

 

Ini hanya sekadar ilustrasi. Setiap lembaga pembiayaan dapat menerapkan aturan berbeda sehingga berpengaruh pula terhadap jumlah nominal yang harus dibayarkan.

 

Sebelum memilih mana skema pembiayaan yang akan diambil, saya sarankan sebaiknya berkonsultasi dengan petugas perusahaan pembiayaan yang bersangkutan. Hal-hal yang perlu dipastikan adalah jumlah biaya angsuran, jangka waktu, serta hal lain terkait hak dan kewajiban Anda sebagai debitur. Bekal ini sangat penting untuk kemudian disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial perusahaan Anda sehingga dapat menentukan skema mana yang paling baik untuk dipilih. Demikian dari saya, semoga bermanfaat.

 
 

 
 
maf
maf maf
  Home   |    Career   |    Contact Us   © Copyright 2011 - maf.co.id